HOME
Bisnis Fun
Home » Informasi bisnis » 6 Tips Ampuh Dalam Menjual Barang Di Marketplace

6 Tips Ampuh Dalam Menjual Barang Di Marketplace

Posted at August 12th, 2019 | Categorised in Informasi bisnis

Jika Anda adalah seseorang yang suka menjual atau membeli barang melalui internet, tentu Anda tidak tahu apa itu pasar? Pasar ini dapat dianggap sebagai pasar internet seperti Bukalapak, OLX, Tokopedia dan banyak lagi. Jika Anda menjual barang melalui pasar, itu artinya sama dengan membuka toko di pasar atau mal yang ramai dikunjungi orang. Perbedaannya adalah Anda tidak perlu membayar sewa karena Anda sebagai calon penjual tidak dikenai biaya sepeser pun saat menjual produk di pasar. Nah, bagi Anda yang ingin berjualan melalui situs online. Ayo, lihat 6 cara yang tepat untuk menjual barang di situs online sehingga bisnis yang Anda jalankan laris manis.

Kenali produk yang akan Anda jual di Situs Online

Cara efektif pertama untuk menjual barang di situs online sehingga bisnis berjalan dengan baik adalah mengenali produk yang akan dijual. Anda perlu memahami bahwa setiap pasar memiliki karakter dan target yang berbeda. Ada berbagai jenis seperti barang grosir, barang eceran, barang bekas dan banyak lagi. Nah, jika Anda ingin membeli barang, Anda tentu tidak ingin alamat yang salah kan? Bayangkan ketika Anda ingin membeli perlengkapan bayi tetapi bukannya membuka toko pasar ikan, tentu saja itu tidak terhubung kan? Karena itu, identifikasi produk Anda sebelum menjualnya di pasar. Selain itu, kenali juga apa saja karakteristik dan sistem dan kondisi yang diterapkan di situs. Jadi, produk yang Anda jual terlihat lebih rapi dan menarik perhatian calon pembeli.

Lakukan Penelitian untuk Mengenali Pesaing dan Calon Pelanggan

Selanjutnya, lakukan riset untuk mengidentifikasi pesaing dan pelanggan potensial sebelum Anda menjual di pasar. Karena, penelitian kecil ini sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda ingin membuka toko di mal, Anda tentu perlu tahu siapa saja toko yang menjual produk serupa kan? Kemudian perhatikan bagaimana mereka memasarkan, apa saja jenis produk, hingga kesaksian pelanggan mereka. Dari sini, Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari toko tersebut. Sehingga Anda dapat mengambil peran dalam mengatasi kekurangan tersebut dalam produk yang Anda jual.

Isi informasi toko sedetail mungkin agar calon pelanggan mempercayai toko Anda

Memberi nama toko menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Kemudian, isi informasi toko sedetail mungkin untuk membuat calon pembeli mempercayai toko Anda. Tidak hanya itu, penamaan toko juga diyakini mampu menarik perhatian calon pembeli untuk selalu mengingat nama toko Anda. Buat nama toko yang unik, mudah mengeja dan mudah diingat. Kemudian, isi informasi toko untuk memfasilitasi transaksi dan menumbuhkan kepercayaan pelanggan atau manajer pasar.

Foto produk beserta spesifikasinya

Jika di pasar atau mal, pelanggan bisa langsung melihat dan merasakan produk sebelum membelinya. Tidak seperti membeli di toko online, pelanggan hanya dapat mengandalkan foto dan deskripsi produk. Untuk itu, lakukan keduanya sebanyak mungkin, seperti foto produk yang jelas, menarik dan disertai dengan deskripsi yang menjual tetapi tidak berlebihan. Cara ini, tentu saja, dapat menarik banyak perhatian kepada calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual.

Harga unik untuk membuat pembeli lebih tertarik

Hati-hati, persaingan harga adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam aktivitas jual beli di pasar. Selain itu, lusinan produk serupa akan muncul ketika pelanggan mencari kata kunci produk tertentu. Sejak itu, harga produk akan menjadi sorotan calon pembeli. Untuk mengakali itu, Anda dapat menetapkan harga yang unik dan lebih murah daripada harga pesaing. Misalnya mereka memasang harga produk Rp. 50.000, maka Anda bisa menjual produk dengan harga Rp. 49.900 Dengan memasang nomor ini, calon pelanggan dapat tertipu oleh angka-angka di depannya. Padahal, harganya hanya selisih Rp. 100 perak saja.

Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan untuk Membangun Reputasi Toko Anda

Untuk meningkatkan reputasi toko, maka jalin komunikasi dua arah yang baik dengan pelanggan. Karena, pelanggan adalah aset dan sumber penghasilan Anda. Jawab setiap pertanyaan mereka di kolom komentar atau pertanyaan dan jawab di kios Anda. Ini tentu tidak diremehkan, karena interaksi positif dapat menarik pelanggan untuk membeli produk Anda.  

1 Comment for 6 Tips Ampuh Dalam Menjual Barang Di Marketplace

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to 6 Tips Ampuh Dalam Menjual Barang Di Marketplace

Peluang Usaha Rumahan

Posted at September 15, 2019

peluang usaha yang memakai rumah sebagai sentral usaha menjamur dan banyak sekali yang bisa kamu lakukan. kami  memberikan ide ide bisnis yang bisa kamu... Read More

Bisnis Rumahan yang mudah

Posted at September 13, 2019

bisnis rumahan... Read More

5 Cara Dalam Memanfaatkan Whatsapp Dalam Bisnis

Posted at August 21, 2019

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan pengguna WhatsApp, membuat aplikasi pesan instan yang dibuat oleh Jan Koum ini semakin diminati oleh para pebisnis. Dengan memanfaatkan berbagai... Read More

5 Cara Ini Berguna Untuk Membangun Bisnis Teknologi

Posted at August 21, 2019

Bisnis berbasis teknologi saat ini memang menjadi pilihan bagi banyak pengusaha. Dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan banyaknya pengguna teknologi, bisnis ini semakin populer. Namun,... Read More

Rahasia Penting Dalam Berbisnis Barang Preloved

Posted at August 21, 2019

Anda mempunyai barang yang bagus dan berkualitas? Jangan dibuang lho. Karena Anda bisa menjualnya ulang menggunakan memakai metode barang preloved. Menjual barang-barang preloved atau... Read More


seo for beginners https://free-hit-counters.net/