HOME
Bisnis Fun
Home » Informasi bisnis » Inilah 4 Fakta Unik Dari Bukalapak Yang Dirahasiakan

Inilah 4 Fakta Unik Dari Bukalapak Yang Dirahasiakan

Posted at August 12th, 2019 | Categorised in Informasi bisnis

BukaLapak saat ini bukan pasar biasa. Alasannya adalah melihat perkembangan dan pertumbuhan, pasar penciptaan atau penciptaan Achmad Zaky cukup ada dan kuat dalam penjajarannya. Namun keberadaan bisnis yang saat ini sedang diakuisisi oleh BukaLapak dan Achmad Zaky tidak segera muncul. Karena Achmad Zacky memulai OpenLapak dengan bisnis e-commerce kecil dengan perjuangan yang sulit. Memang benar bahwa banyak pebisnis sukses mengatakan bahwa kesuksesan sejati yang diraih seseorang selalu merupakan sejarah perjuangan yang berat sebelumnya.

Demikian pula, apa yang dilakukan oleh Achmad Zaky selama periode kepeloporannya. Saat merintis BukaLapak, Achmad Zaky memang memulai dengan semua keterbatasan. Tetapi dengan antusiasme dan perjuangan tanpa henti, BukaLapak telah menjadi salah satu perusahaan marketplace berbasis e-commerce terbesar di Indonesia. Di balik kelahiran BukaLapak, ternyata kita bisa menemukan beberapa fakta unik yang muncul. Berikut adalah beberapa fakta unik dari kelahiran BukaLapak.

Terlahir Dari Penolakan Kerja

Pertama, fakta unik dari kelahiran BukaLapak adalah bahwa CEO-nya, Achmad Zaky, tidak segera memikirkannya, membuatnya setelah lulus dari perguruan tinggi. Pria ini lulus dari Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) sebelum berpikir untuk membuat BukaLapak, ia melamar kerja ke beberapa perusahaan terlebih dahulu. Sayangnya ketika melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan, Achmad Zaky mengalami banyak penolakan. Untungnya Zaky tidak putus asa. Alih-alih putus asa, Zaky kemudian didorong untuk membuat platform belanja online yang kemudian kita kenal sebagai BukaLapak. Ketika ditanya mengapa dia membuat BukaLapak? Zaky menjawab bahwa sejak kecil dia sangat suka membuat atau menciptakan sesuatu. Lebih lanjut, Zaky mengatakan bahwa penolakan atas pekerjaan beberapa perusahaan baginya akhirnya membawa berkah yang membawanya ke gairah sejati.

Bukalapak lahir di Kos-Kosan

Investigasi investigasi ternyata menjadi pilot dari lahirnya pasar BukaLapak berasal dari rumah kos. BukaLapak memang dilahirkan dan dirintis oleh Ahmad Zaky dan rumah kosnya di sebuah rumah kos. Pada waktu itu Zaky dan temannya membuat BukaLapak atas dasar kesenangan. Meski tidak dibayar dan tidak dibayar, pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, pada 24 Agustus 1986 itu melakukannya dengan fokus dan sepenuh hati. Zaky memang hobi dan suka mengutak-atik teknologi. Dengan hobinya sebagai insinyur perangkat lunak, Zaky memiliki impian besar untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang. Meskipun ia tidak memiliki harapan besar pada rintisan BukaLapak, tetapi ternyata nasib memiliki niat lain. BukaLapak, yang dirintis di rumah kos oleh Zaky dan temannya, perlahan-lahan tumbuh dengan cepat.

Platform BukaLapak hanya bermodal IDR 80.000

Ketika merintis BukaLapak dengan temannya, Zacky melakukan penelitian terlebih dahulu. Dalam penelitian yang dilakukan di 100 situs web, Zaky menemukan bahwa 99 persen dibuat di luar negeri. Dari sini, Zaky berpikir untuk membuat produk internet untuk anak-anak di negara ini. Dalam penelitiannya juga, Zaky berpikir bahwa membuat e-commerce karena terasa pada produk lain seperti media sosial atau mesin pencari dia tidak bisa membuatnya. Karena melihat banyak usaha kecil di Indonesia, Zaky kemudian memutuskan UKM yang ditargetkan e-commerce-nya. Menariknya ketika datang untuk menetapkan nama untuk platform e-commerce-nya, Ahmad Zaky hanya menghabiskan Rp. 80 ribu untuk membeli domain. Karena dia tidak punya banyak modal saat itu, Zaky hanya bisa membeli domain murah, yaitu BukaLapak.

Sudah terpikir untuk menutup Bukalapak karena tidak ada harapan

Akhirnya, fakta unik kelahiran BukaLapak adalah ditutup karena dianggap tidak ada harapan. Meski bersemangat pada awal perintis, pada akhirnya Zaky harus menghadapi kenyataan di lapangan. Selain kekurangan modal, Zaky juga mendapat banyak pandangan negatif dari orang-orang di sekitarnya tentang apa yang dia lakukan di BukaLapak. Pikiran untuk menutup acara OpenLapak ini terjadi pada tahun 2011. Tetapi karena melihat pengguna BukaLapak yang mencapai 10.000 orang, Zaky kemudian berubah pikiran. Zaky kembali ke antusiasmenya setelah melihat para penggemarnya yang juga bersemangat. Beberapa dari mereka bahkan menyumbang untuk membeli server untuk kelanjutan BukaLapak. Beberapa bulan kemudian seorang investor Jepang tiba yang menginvestasikan Rp2 miliar di BukaLapak. Di sinilah Zaky mendapatkan kembali harapannya untuk menjadikan BukaLapak kebanggaan e-commerce domestik.  

Tags :

No comment for Inilah 4 Fakta Unik Dari Bukalapak Yang Dirahasiakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Inilah 4 Fakta Unik Dari Bukalapak Yang Dirahasiakan

Peluang Usaha Rumahan

Posted at September 15, 2019

peluang usaha yang memakai rumah sebagai sentral usaha menjamur dan banyak sekali yang bisa kamu lakukan. kami  memberikan ide ide bisnis yang bisa kamu... Read More

Bisnis Rumahan yang mudah

Posted at September 13, 2019

bisnis rumahan... Read More

5 Cara Dalam Memanfaatkan Whatsapp Dalam Bisnis

Posted at August 21, 2019

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan pengguna WhatsApp, membuat aplikasi pesan instan yang dibuat oleh Jan Koum ini semakin diminati oleh para pebisnis. Dengan memanfaatkan berbagai... Read More

5 Cara Ini Berguna Untuk Membangun Bisnis Teknologi

Posted at August 21, 2019

Bisnis berbasis teknologi saat ini memang menjadi pilihan bagi banyak pengusaha. Dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan banyaknya pengguna teknologi, bisnis ini semakin populer. Namun,... Read More

Rahasia Penting Dalam Berbisnis Barang Preloved

Posted at August 21, 2019

Anda mempunyai barang yang bagus dan berkualitas? Jangan dibuang lho. Karena Anda bisa menjualnya ulang menggunakan memakai metode barang preloved. Menjual barang-barang preloved atau... Read More


seo for beginners https://free-hit-counters.net/